Ahirnya Kuliah :)

By Ratna - September 30, 2012

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hahaha Telat banget sebenernya baru post tentang kuliah ==" Gue udah kuliah sejak 3 minggu yang lalu (kayanya, sih, lupa juga). Tapi gapapa, lagi pengen nulis aja.

Alhamdulillah ya Allah, gue bisa diterima di sebuah universitas negeri di jakarta. Gue kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang ada di Rawamangun. Gue kuliah disana dengan jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Horror ya? Padahal gue ngga ngerti apa-apa tentang Bahasa Inggris, tapi keterima.

Yaudah syukuri aja meski kayanya gue salah jurusan. Tapi susah juga lho masuk sini ==" Bayangin, gue saingan sama beribu-ribu orang! Kalo ngga salah, Untuk jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, tempat tersedianya cuma 60-an, dan yang daftar sekitar 1200-an. Nah lu! Gimana itu, beraaaaaaaaaattt.

Awalnya gue ngga ada niatan buat masuk situ. Gue labil banget mau kuliah dijurusan apa, abisnya banyak banget jurusan dan guenya juga ngga tau bakat apa yang gue miliki ==" Yaudah, akhirnya pas SNMPTN gue daftar di IPB sama ITB, yang akhirnya ngga masuk.

Iya, awalnya gue emang udah ada feeling kalo gue ngga bakal masuk situ.

Akhirnya, gue didaftarin di universitas swasta jurusan Broadcasting. Mahal banget masa, 10jt-an gitu biaya masuknya. Ya Allah, itu mah gue ngais sampah setaun belum tentu terkumpul itu duit.

Beberapa waktu setelah pengumuman SNMPTN, temen-temen gue pada mau nyoba unjian mandiri gitu. Jadi tuh Ujian mandiri itu diadain sama perguruan tinggi negeri (PTN), soalnya kan yg dari SNMPTN yang diterima cuma berapa persen gitu, gue lupa.

Nah, temen gue ada yang bilang "Rat, lu ngga ikut ujian mandiri apa?" Katanya. 
"Ah, gue mah udah pasti ngga masuk. Buang-buang duit aja ikut begituan."
"Coba aja ege, siapa tau hoki."

Akhirnya gue coba.

Engga tau kenapa, gue tertarik daftar di UNJ. Setelah gue bilang sama bokap, akhirnya disetujui. Waktu itu kan pilihan jurusannya ada 3 (soalnya gue ambil IPC -- IPC itu ujian buat orang yang di SMAnya jurusan IPA tapi pengen lintas jurusan ke IPS dan sebaliknya) . Gue ngambil ini;

Pilihan 1: Sastra Inggris (Non-Dik)
Pilihan 2: Pend. B. Inggris (Dik)
Pilihan 3: Pend. Biologi (Dik)

Engga tau kenapa kayanya waktu itu gue merasa bokap pesimis banget kalo gue bisa masuk situ. Iya, sih, gue ngerti emang otak gue ngga nyampe buat masuk situ HAHA =="

Pas hari ujian, bokap nganterin gue kesana. Bokap nungguin gue sampe gue selesai ujian. Padahal gue ujian dari jam 10-an (kalo ngga salah) sampe jam 4-an gitu. Ya Allah, baik banget emang bokap :") Nah selesai ujian, bokap nanya "Gimana soalnya?" . Gue, yang emang ngga ngerti apa-apa cuma ngejawab "Susah, pah,". "Ngga pernah belajar sih kamu" Kata bokap sambil ngasih teh botol ke gue. Iya, gue emang ngga pernah belajar. Gue ngebet-ngebet soal SNMPTN sih, baca-baca doang... Ngga tau itu dihitung sebagai "Belajar" atau engga.

Oh, ternyata ujian yang gue ikutin itu baru Ujian Penyaringan Tahap Pertama, jadi nanti bakal ada ujian lagi kalau lulus di ujian pertama itu. Dan pada saat hari pengumuman ujian, gue lulus saudara-saudara. 

Bisa dibayangkan betapa senangnya gue. Dengan bangganya gue kasih liat hasil ujian gue ke nyokap dan bilang "Mah, liat deh, aku kece kan?". Nyokap cuma senyum.

Dua hari kemudian, gue berangkat lagi kesana (bareng bokap) buat menjalani Ujian Penyaringan Tahap Kedua. Disini bener-bener ujian akhir, jadi kalo ngga lulus... ya ngga bakal bisa kuliah disitu. Eh, ternyata ada temen SMA gue juga yang ikut ujian tahap kedua (jurusan yg sama), cuma dia testnya pagi dan gue siang, jadi ngga bisa ketemu deh.

Di ujian ini, ada test writingnya masa. Allah, udah tau gue gembel banget sama yang namanya grammar, malah disuruh bikin essay ==" Yaudah deh tuh, gue asal tulis aja, sampe curhat di lembar essay nya. Kata temen gue, kalo essay itu yang penting banyak.

Setelah selesai ujian (dan gue udah balik kerumah), gue langsung OL di laptop. Temen SMP (yang test disitu juga tapi beda jurusan) ngga berenti berenti ngetweet "Seandainya gue dan @blablabla keterima di UNJ" gitu, haduh makin galau aja deh gue. Soalnya gue ngga yakin juga bisa masuk situ.

Pas hari pengumumannya, Temen SMA gue (yang jurusannya sama ) itu nanya "Rat udah liat hasil pengumuman?" . "Belum" Jawab gue. Web dari UNJ emang agak gembel, gue males kalo ngeliatnya pas hari H pengumuman keluar. Pasti banyak banget yg ngakses kan? Jadi lemot pasti, dan gue ngga mau. Akhirnya gue ngeliat pengumuman 2 hari setelahnya.

Dua hari setelahnya juga gue buka, webnya tuh masih lemot. Allahu Akbar. Ada kali gue ngakses dari jam 7 pagi sampe ashar dan hasilnya belum keluar. Temen SMP gue ngetweet dan bilang kalo dia keterima. "Alhamdulillah" gue bilang. Dan pas dia nanya, gue udah keterima apa belum... Gue cuma bisa bales "Webnya loadingnya lama".

Temen SMA gue bilang kalo dia ngga keterima. JLEB. 'Dia aja yang lebih pinter dari gue ngga keterima, gimana gue?' Batin gue waktu itu. Duh udah males aja bukanya...

Akhirnya, setelah gue nunggu dari jaman batu sampe doraemon bisa beranak webnya kebuka juga. Gue buru buru masukin nomor ujian gue kan (takut webnya keburu down lagi), dan ternyata setalah gue masukin nomornya..... Web itu loadingnya lama sekali saudara-saudara.

Gue dengan sabar menunggu sampe Indonesia merdeka akhirnya pada jam 5-an, hasil ujian gue muncul di web. Sampe gue screencaps lho :")

Ini dia hasil ujian gue yang muncul setelah menunggu berabad abad

Gue nunggunya sampe ketiduran, serius. Itu juga adek gue yang bilangin kalo hasilnya udah keluar. 

Yaudah, begitu deh petualangan gue dalam mengarungi lika liku masuk kuliah. Sekarang, gue harus berusaha untuk bisa berhasil dijurusan ini. Yah, meskipun berat banget pas gue jalanin terutama pelajaran basic grammar sama history of english literature ==" Tapi.... ya gitu... Syukuri aja.

Oh, buat kamu yang mau kuliah, mending tentuin dulu deh mau kuliah jurusan apa, pastiin kalo itu emang passion kamu. Daripada nanti gelagapan kaya gue. Ini aja gue masih setengah ngga percaya kalo gue bisa masuk Sastra. Pokonya passion deh intinya, inget ye, jangan nanti kaya gue gini. =="

  • Share:

You Might Also Like

0 comments