Bicara Tentang Modus Telpon "Papa kamu ada dirumah sakit, transfer uang dulu sejumlah (sekian) supaya bisa di operasi" Bersama Nyokap

By Ratna - September 19, 2013

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tadi pagi pas gue lagi makan mie rebus sambil berbincang sama nyokap, entah kenapa gue membawakan topik tentang 'penipuan'.

"Masa dosen aku kena tipu 30 juta lewat SMS, tau, Ma." Kata gue sambil nyedokin kuah mie rebus.
"Kok bisa?" Tanya nyokap, kepo.
"Iya, jadi ceritanya dia di SMS sama Menteri Pendidikan. Ngakunya ngajakin pelatihan ke Nusa Dua, Bali, gitu, terus dianya disuruh transfer uang 30 juta buat biaya-biayanya, gitu-gitu."
"Terus di transfer?"
"Ya iya, makanya pas waktu itu satu kampus langsung pada rame, katanya."

Jadi ceritanya gue lagi menceritakan ulang kejadian yang diceritakan dosen Critical Reading gue. Entah itu kejadian taun kapan, tapi katanya udah lama.

"Makanya jangan langsung percaya sama yang gitu-gitu. Mama mah ngga pernah percaya. Dulu 'kan mama pernah ditipu sama orang, bilangnya Papa kecelakaan motor trus disuruh kirim uang buat oprasi."

Merasa tertarik. Gue menghentikan aktifitas makan gue untuk sejenak dan bertanya. "Terus?"

"Mama panik. Mama telpon HP Papa, tapi ngga aktif. Ternyata sebelumnya Papa ditelpon sama orangnya supaya matiin HP. Ada razia kata dia. Nomornya ada yang sama, jadi Papa matiin HP."
"Maksudnya? Kok Papa mau aja disuruh matiin HP?"
"Orangnya ngaku jadi polisi, nyuruh Papa matiin HP. Katanya ada penipu yang make nomor sama kaya Papa, gitu."

Gue bilang "Oh." dengan nada panjang.

"Terus? Mama transfer uangnya ngga?"
"Awalnya mau. Tapi mama coba dulu hubungin kantor Papa, trus yang ngangkat Papa." Nyokap gue setengah ketawa, kemudian mraktekin seolah-olah dia lagi nelpon "Lah, katanya kamu dirumah sakit, Mas?" Ujar nyokap gue mereka ulang kalimat yang dia ucapkan pada hari penipuan itu.
"Terus Papa bilang apa?" Tanya gue.
"Papa bilang 'Engga, saya di sini dari tadi. Kenapa?' Mama bilang 'Aku hubungi HP kamu kok ngga bisa? 'Iya, tadi ada polisi nelpon saya suruh matikan HP'."
"Terus mama ngomong ngga sama penipunya?"
"Mama diemin aja, ngga mama hubungi lagi. 'Kan katanya mama disuruh ngubungin kalo udah di transfer. Sampe kaget pas tau Papa masuk rumah sakit."

Kemudian nyokap mulai menceritakan tentang tetangga gue yang terkena modus hipnotis lewat telpon. Tetangga itu bolak balik beliin pulsa sampe abis tiga juta. 'Gila' ucap gue dalem hati. Siapa juga yang butuh pulsa sampe tiga juta gitu? Ehm, gue butuh sih-_- Tapi 'kan.... Gila aja, dia pake paket apaan coba yang harganya segitu?

Nyokap juga mulai bercerita tentang modus penipuan lewat SMS yang semodel dengan penipuan yang menimpa dosen gue, cuma bedanya, penipuan ini mengatas namakan undian. Misalnya kaya; "Selamat, nomor anda berhasil memenangkan sebuah mobil merek (apa gitu) dan blablabla". Itu modus penipuan basi banget, tapi kata nyokap ada beberapa orang komplek gue yang ketipu. Gue juga suka dapet SMS model gituan, tapi begitu gue dapet langsung gue hapus, soalnya menuh menuhin inbox.

Kata nyokap, dia pernah dapet telpon yang bilang kalo "Bokap" gue masuk rumah sakit (lagi). Namun, karena udah pernah dapet telpon yang sejenis itu, dan karna belajar dari pengalaman juga, nyokap gue cuma jawab "terus?", "terus?" gitu pas si penipunya menjelaskan kronologis "keadaan bokap gue yang parah karna kecelakaan". Dan mungkin karena penipunya udah bete di tanggepin begitu, doi langsung nutup telepon.

"Harusnya Mama kerjain balik." Kata gue sambil make kaos kaki. "Harusnya Mama pura-pura panik gitu, biar penipunya ngira dia berhasil nipu. Terus Mama pura-pura mau transfer. Bulang aja 'Tunggu, ya, nanti saya transfer'. Terus biarin penipunya nunggu sampe besok."

Nyokap gue ketawa.

"Terus pas penipunya nanya 'kok uangnya belum sampe-sampe' bilang aja, 'iya, saya lagi dijalan' gitu, biar penipunya nungguin!"
"Iya, ya, harusnya gitu. Biar penipunya nungguin."
"Iya. Biar aja dia nungguin. Lagian nyari duit tapi nipu, gitu. Mending ngamen aja, 'kan, ya, Ma?"

Nyokap gue ngangguk, terus gue langsung salim dan bilang "Berangkat, ya. Assalamu'alaikum.". Tentunya gue berangkat setelah pake sepatu dan udah dalam keadaan rapi.

Jadi, emang lagi nge-tren banget penipuan penipuan yang ada disekeliling kita. Makanan, deh, contohnya, udah banyak banget yang dipalsuin. Gue aja sekarang bingung mau makan apa; buah udah banyak yang pake pewarna, lah, disuntik, lah. Beras banyak yang pake pemutih. Cincau dikasih bedak. Baso dikasih boraks. Sampe saos abang abang baso aja di oplos sama cabe dan tomat busuk. Gile ternyata bukan cuma bir tapi saos juga bisa di oplos, untung gue ngga doyan pedes (terus?-_-). Ada juga penipuan SMS 'kan, kaya yang gue dan nyokap gue omongin. Dan ada juga penipuan lewat telpon, tapi kalo model hipnotis lewat telpon itu gue kurang ngerti juga (baru denger soalnya). Makanya jangan langsung percaya sama yang kaya gitu-gitu. Pikiran, mata, dan pendengaran kita harus lebih jeli dalam menanggapi sesuatu, jangan sampe kena tipu modus-modus begituan.

Karena tulisan ini makin ngga karuan, makanya gue akhiri aja.

Selamat siang. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments