Kirisame ga Furu Mori dan Ib!

By Ratna - July 16, 2014

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Masa gue lagi suka sama Shidu. Lo tau siapa itu Shidu? Kalo ngga tau liat di sini, atau baca lebih lanjut postingan gue karena gue akan membahas tentang Shidu.

Oke, jadi...

Uh...

...

Ehm, setelah gue pikir-pikir lagi, mungkin membahas tentang Shidu akan menguras banyak waktu (karena gue pasti bakal curhat lima paragraf full tentang doi) dan ngga nyambung banget sama judul postingan ini.

Jadi gue akan curhat tentang 'Kirisame ga Furu Mori' dan 'Ib'.

Pertama, 'Kirisame ga Furu Mori'.

Jadi 'Kirisame ga Furu Mori' atau yang dalam translasi Inggrisnya berarti
'Forest of Drizzling Rain' merupakan game bikinan orang (?) yang sempat naik daun. Sebenernya gue ngga tau sama sekali tentang game ini. Awal mula gue menyelidiki tentang game ini adalah karena waktu itu gue ngga sengaja nemu fanart unyu, dan karena gue penasaran dan bertanya 'dari anime mana ini?', gue mulai gugling dan barulah gue tau kalau itu adalah fanart dari game tersebut.

Pas gue liat-liat wikinya, gue mikir 'Ah, game horror, gue ngga begitu suka karena gue takut sama genre horror', tapi gue bener-bener kepo banget sama fanart yang gue liat itu... masalahnya, kenapa gambarnya begitu tragis dan menyayat hati? Apakah di balik game yang genrenya horror ini tersembunyi sebuah drama percintaan yang menyentuh perasaan para pemainnya? Dan kemudian, setelah gue membulatkan tekad dan menyiapkan hati karena ini game horror cuy, gue berkata pada diri gue sendiri "Gue harus liat walk through game ini, apa pun yang terjadi!" Dan pergilah gue ke youtube untuk melihat walktrhough nya.

Ternyata game ini cupu banget, grafisnya sederhana dan orangnya boncel gitu model game-game yang biasa dimainin pas jaman gue SD. Tapi setelah gue mengikuti alur ceritanya.... hati gue terkoyak. Serius, ini game yang "uh" banget.

Jadi protagonist dalam game ini namanya Kanzaki Shiori, doi kehilangan orangtua pada hari ulangtahunnya karena kecelakaan. Lalu pada saat doi lagi ngepoin tentang sejarah (???) bokapnya, doi menyadari bahwa ternyata dia masih punya saudara lain, yaitu kakek, dan si kakek ini tinggal di sebuah desa! Nah! Desa yang kemudian dikunjungi Shiori inilah setting sebenarnya dari game ini!

Hal yang membuat gue kagum sama game ini adalah, game ini ngga begitu sulit! (ini gue langsung download gamenya begitu selesai liat walkthroughnya loh!) Yah, bagi para gamer yang udah jago, mungkin memainkan game yang gampang kaya gini sih mungkin ngebosenin, tapi bagi gue--yang skill gamingnya gembel--game yang 'gampang' justru ngebuat gue pengen-pengen-pengen-dan pengen terus mainin game ini sampe tamat!

Game ini punya beberapa ending, yang mana bisa berubah tergantung dari tindakan pemain dalam bermain game ini! Ah~ interaksi tokoh protagonisnya bener-bener mantep banget, dah! Udah gitu, backsoundnya ngga begitu serem jadi gue ngga takut, tapi, yah, namanya game horror, pastilah ada semacem monster serem yang ngagetin. Tapi serius, ini bener-bener game yang menyentuh hati. Kalo gue disuruh nilai, mungkin nilainya 7.5. Bukannya gue pelit nilai, tapi meski pun gue bilang kalau game ini 'bagus', gue masih melihat beberapa sisi yang 'kurang srek'.

Lagian, gue masih bingung sebenernya 'Kirisame ga Furu Mori' itu kalau dibahasa Indonesiakan jadinya apa ya? 'Hutan Gerimis' ?? atau 'Hutan Hujan Gerimis' ??. Sepertinya itu judul-judul yang kurang dramatis.


Lalu, 'Ib'.

Ib ini game bangke. Asli. Awal mula gue main game ini juga karena fanart! Sama halnya seperti gue terpengaruh untuk main 'Kirisame ga Furu Mori', gue main 'Ib' juga karena fanart! Semua salah fanart! AHHHHH Fuck.

Gue serius. Ini game sama sekali ngga ada unsur dramatisnya. Sama sekali. Udah giitu backsoundnya serem mampus! Gue sempet kaget pas gue coba untuk pindah ruangan, bunyi pintunya itu 'krieeeettt'. Bange banget. Dan-dan-dan monsternya itu loh! Taee, kenapa gue main game ini coba?! Argh...!!!

Oke, itu lebay. Gue ngga takut kok (bohong). Sama sekali ngga takut (bohong level 2.). Gue cuma merasa tertipu dengan fanart yang gue lihat. Hanya itu, bener deh, gue ngga bohong. Ngga bohong kookkk HA HA HA HA *kemudian lanjut main Ib sambil selimutan di pojokan*.

Ehem. Jadi, game ini bentuknya masih sama kaya game sebelumnya; tokohnya boncel-boncel dan gaje banget, bahkan karena game yang gue download itu agak nge-lag, jadinya pas tokoh utamanya jalan, keliatannya bukan jalan tapi kaya ngesot gitu. Anjir, hiburan banget gue main ini, berasa kaya game lawak.

Oke, gue serius.

Jadi game ini menceritakan tentang bocah kecil --kalo dari wiki, kemungkinan dia berumur sembilan tahun--yang bernama Ib (iya, gue juga ngga ngerti kenapa namanya cuma dua huruf), yang diajak mama papa nya ke sebuah pameran musium. Dan lo tau apa? Musium itu sebenernya terhubung dengan dunia lain! Asli, plot twist yang klise banget! Tapi, game ini tetep orisinil, kok, meskipun agak ngikutin 'night at the musium' gitu, tapi jalan cerita game ini tetep kece.

Namun beda halnya dengan protagonis dalam game sebelumnya, si Ib ini ngomong tapi kaya ngga ngomong. Hm, jadi misalnya, gue (sebagai Ib) lagi interaksi sama tokoh pembantu, pengen ngasih sapu tangan buat doi... nah si Ib ini ngga ada dialognya, tau-tau si tokoh pembantu ini nyautin "Oh, sapu tangan ini untukku? Terimakasih." gitu.

Tadi gue sempet bilang kalau game ini ngga ada unsur dramatisnya, 'kan? Engga, gue bohong. Sebenernya ada, cuma KETUTUP SAMA HORRORNYA TAEEEEE!!! Ada kok, apalagi endingnya, hampir semuanya dramatis! Sebenernya gue malah jadi ngga tega sama 'bos' dari game ini. Kalo lo main, mungkin lo bakal ngerti. Makanya main dong~ Lalu, kalau gue disuruh nilai, mungkin Ib bakal gue kasih nilai 7.8. Ceritanya bagus banget, tapi game ini ribet, menurut gue, dan keribertan itu lah yang ngebuat gue jadi kepo buat main dan terus main!

------------ ???? ------------

Intinya, gue cuma mau curcol soal game yang baru gue mainin. Sampai sekarang gue terus melatih diri gue untuk tidak terjebak dalam gemerlapnya fanart dari game horror. Gue ngga mau main game model gituan, karena gue takut ngga suka genre horror.

Okesip lagi-lagi gue curhat gaje.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

*edit: waks ternyata yang pintunya kebuka serem itu bukan Ib tapi Majo no Ie. Eh? apa Mad Father ye? Gue lupa.


  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. minta link downloadnya kirisame ga furu mori, dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ini http://tosiaki7.tumblr.com/post/69380045817/forest-of-drizzling-rain-translation-complete

      Delete
  2. ahaha bener banget >< saya baru main ib nihh, mau main kirisame juga :D
    ib ngeselin aslii xD tapi emang seruu
    gak tau kenapa jadi suka game macem gini xDD mad father juga seruu >3<)8
    (sejujurnya, awal niat main emang gara gara fanart xD tapi jadi keterusan ////)
    *oke saya mulai menggila* xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyah!! aku tau Mad Father (dan emang lagi-lagi taunya dari fan art) xD tapi tau doang, ngga main soalnya corettakutcoret ngga sempet!! Endingnya mantep banget, 7.7 deh, soalnya kayanya ribet berbelit-belit gitu rute (?) nya. Huft.

      Delete