Ketika Lagu yang Dimainkan Selaras dengan Suasana Hati

By Ratna - August 22, 2014

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada tanggal 17 Agustus lalu, gue berulang tahun yang ke-[piiipp]. Oke itu disensor karena umur gue sudah tua. Meski pun tua, tapi entah kenapa tradisi "makan bareng keluarga setiap ada yang ulang tahun" di keluarga gue tetap dijalankan. Tapi gpp sih sebenernya, daripada menjalankan tradisi "siram temen lo yang ulang tahun pake cairan laknat", makan bareng keluarga se-enggaknya ngga bakal ngebuat gue harus bersemedi di kamar mandi buat ngilangin bau.

Okesip.

Jadi emak gue, beberapa hari sebelumnya nanya
"Rat, nanti mau makan di mana?". Awalnya gue ngga ngerti, dan malah diem dengan wajah bingung. 'ini kenapa emak gue tiba-tiba nanya mau makan di mana? emangnya doi abis arisan?', tapi karena waktu itu gue lagi pengen makan PH dan males nanya balik, maka gue putuskan untuk menjawab "PH". Tetapi beberapa hari setelahnya, setelah teman gue tiba-tiba nge-chat dan nyindir-nyindir gue tentang tanggal tujuh belas, gue langsung inget! "Oh iya, bedon! Gue 'kan ulangtahun, ya?". Lalu gue langsung batalin request tempat gue ke emak dan langsung bilang "Mah, aku pengen makan ikan yang kata waktu itu!". Dan akhirnya pada hari yang telah ditentukan, yaitu hari Minggu siang, tanggal 17 Agustus, kita berempat (gue, bokap, nyokap, sama ade) pergi ke tempat yang ada ikannya itu. Gue lupa namanya apa, pokoknya ikan (manisnya) enak banget.

Ketika sampe di sana, kita langsung nyari tempat duduk. Tempatnya lesehan gitu kaya di saung, dan di depannya ada pemancingan. Enak banget, jadi bisa sekalian ngetawain ngeliat orang yang lagi mancing. Harga makanannya lumayan lah, tapi yang bayar bokap gue ini, jadi gue mah selow aje. Ngomong-ngomong, karena waktu itu adalah ulang tahun gue, jadi gue disuruh mesen duluan :") biasanya gue kalo mesen belakangan karena gue suka bingung sama menunya, dan gue langsung bilang "ikan yang waktu itu!", "emang gue langsung nulis 'ikan manis' di kertas yang dikasih sama mbak-mbaknya.

Setelah semuanya mesen, kita nunggu.

Nunggu sambil ngobrol

Masih nunggu dan masih ngobrol

Lalu, karena kita bosan nunggu sambil ngobrol, bokap gue ngamuk. "Alah, lama banget, ya?" kata bokap gue. Dan tidak lama kemudian, datanglah seorang mbak-mbak berkerudung menghampiri saung kami dan berkata "ini yang mesen ikan manis, ya? maaf, ikan yang 1kgnya kosong.". JDER. Berasa dihantam mobil, bokap gue berseru sambil menggoyangkan tangannya. Songong abis, sumpah. Tapi emang ngeselin, sih. Lama banget soalnya. Dua jam, lu bayangin.

"Adanya yang 2kg, gpp?" kata mbak-mbak berkerudung (MMB) tersebut. Dia terlihat gugup.
"Yaudah bawa aja lah. Lama banget, ditungguin daritadi." Kata bokap dengan nada yang agak tinggi.
"Sebentar ya, pak"

Lalu MMB itu pergi dengan tergesa-gesa, sementara kita semua (kecuali bokap) ketawa garing sembari mengasihani MMB yang sepertinya pengen nangis dibentak bokap.

Dan kemudian, kita kembali menunggu...
...sambil ngobrol.

Kira-kira satu jam lebih kita nunggu dan makanan masih belum dateng. Bokap mulai naik pitam dan ngomel-ngomel terkait pelayanan yang tidak memuaskan. Emak gue malah ngeledekin bokap yang tensinya naik. Tidak lama kemudian, gue sama ade gue ikutan ngamuk, dan nyokap gue malah ngeledekin. Gue ngga ngerti kenapa nyokap bisa begitu tabah dalan menghadapi cobaan ini. Padahal nyokap belum makan dari pagi.

Ketika kita, yang sedang naik pitam ini tengah menunggu makanan datang, gue seperti merasakan sesuatu. Saat itu, gue merasa alunan melodi yang indah memasuki gendang telinga gue dan membuat suasana hati menjadi nyaman. Lalu, tanpa sadar gue berucap "Lah, ini pas banget nyetelnya lagu religi". Emak gue langsung ketawa dan berkata "Supaya yang nunggu ngga marah-marah kali.". "Yakali sengaja masang lagu ini." celetuk ade gue, dan kita pun tertawa, seolah emang rasa marah tadi benar-benar hilang.

Beberapa menit kemudian makanan pun datang, dan hal aneh pun terjadi; bertepatan dengan datangnya makanan, lagu-lagu religi yang tadi terdengar langsung berubah lagu jadi lagu-lagu pop. Gile, ini maksudnya karena makanan udah dateng kali, ye. Ajib bener.

Intinya, gue makan ikan manis yang enak itu dalam khidmat, diiringi dengan musik yang merdu, serta pemandangan orang-orang yang lagi mancing, dan juga anak yang hampir kecebur gara-gara pengen nangkep ikan yang loncat dari jalanya dia. Demi apa pun, enak banget ikannya. Gue juga makan kangkung, minum es jeruk, duh nikmat banget hidup gue ~ Intinya: enak.

Beberapa puluh menit kemudian kita selesai makan. Namun, ada beberapa makanan yang kita pesan ternyata tidak dihidangkan. Dan tentu saja bokap gue ngamuk. Bokap sempet ngomel ke MMB bahwa pelayanannya tidak memuaskan, MMB hanya bisa berkilah bahwa 'yang punya tempat lagi hajatan, jadi di sini kerepotan', yang mana membuat gue berpikir 'kalo repot kenapa masih sempet buka?'. Namun karena gue males nanya, gue tidak mengeluarkan pertanyaan gue tersebut secara lisan.

Bokap terus ngomel. Ya, ngga ngomel juga, sih, lebih ke nyindir. Muka bokap gue nyebelin banget kalo lagi nyindir orang, dan gue rasa MMB itu juga kesel. Mungkin staff lain waktu itu lagi pada ngapalin muka bokap biar nanti kalo bokap dateng ke situ lagi, makanan yang dipesen bokap bakal dianterin lebih cepet biar pada ngga kena sindiran bokap. Karena... percayalah, sindiran bokap itu tajem banget. Ngga bakal ada yang mau disindir bokap, karena 'disindir bokap = mati'. Oke itu lebay.

Pada saat menyaksikan bokap yang tengah nyindirin MMB, telinga gue kembali menangkap alunan merdu yang terdengar dari speaker yang tergantung di pojok atas ruang staff. Ah, lagu ini.... lagu yang menentramkan hati ini.... Tunggu dulu! Ini kan lagu....!!

"Rat, masa lagunya religi lagi" celetuk ade gue sambil ngakak. "Kocak banget, kaya sengaja gitu."
Gue bukannya ikut ngakak, malah menjadi anak durhaka dengan berkata "tapi lagu ini kayanya ngga ngaruh buat papah." dan emak gue malah tertawa. Emak gue ikutan durhaka juga ternyata. Untunglah gue ngga durhaka sendirian /apaan.

Bokap lalu dikasih bembeng sebagai perintaan maaf. Sebenernya gue agak terhina juga karena perjuangan nunggu selama tiga jam cuma dibayar pake bembeng, tapi, yaudahlah, yang penting ikannya enak ~

Dan anehnya, setelah kita pergi, lagu yang diputar kembali menjadi lagu pop.

Mungkinkah mereka sengaja memutar lagu religi agar kita yang waktu itu lagi tensi jadi ngga ngamuk lagi?
Atau mereka punya maksud lain?

Kini, playlist yang dimainkan oleh mereka masih menjadi misteri....

Ditutup dengan salam. Gue pamit.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

P.S. Terima kasih kepada teman gue, Yuka, yang telah ngingetin gue kalo gue ulang tahun. Tanpa elu, gue pasti ngga bakal bisa ngerasain enaknya ikan di tempat itu. Udah gitu ikannya gede lagi. Ya ampun, gue sangat berhutang sama lu :")

  • Share:

You Might Also Like

0 comments