Nyokap.

By Ratna - June 04, 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Akhir akhir ini, nyokap gue lagi seneng nontonin film film yang ada di emensi (baca: MN***C) tipi. Yang dimaksud itu film film model rahasia ilahi atau film film sejenis itu, yang di dalam ceritanya mengandung unsur moral dan pelajaran dalam kehidupan sehari hari gitu. Setiap gue pulang siang, gue selalu memergoki nyokap lagi nyetel emensi, dan biasanya filmnya juga udah mau abis gitu, gue ketinggalan banyak dan gue nangis... /enggak gitu.

Pada suatu hari, gue ngga kuliah...jadinya gue cuma bersantai santai sambil nonton anime di kamar. Tapi karena gue haus, gue keluar kamar, dan pada saat itu juga gue melihat nyokap lagi nonton emensi. Karena gue penasaran apanya yang seru dari film beginian, maka gue memutuskan untuk duduk dan ikut menonton bareng nyokap --setelah sebelumnya gue mematikan laptop gue dan memasukan kembali kaset anime yang gue tonton.

Jadi itu ceritanya tentang seorang ibu mertua yang jahat gitu, dia memisahkan anaknya (cowo) dengan menantunya (cewe), dan si ibu mertua ini menyandera membawa salah satu dari dua anak perempuan pasangan tersebut. Gue ngga nonton dari awal, sih, gue cuma ngeliat bagian pada saat si bapanya jalan pincang pincang pake tongkat bantu jalan --yg di selipin di ketek itu-- buat ngejemput anak perempuannya yang ada di rumah isterinya. Gue awalnya biasa aja ngeliatin si bapak itu... namun ada sesuatu yang aneh menarik perhatian gue, yaitu; cara jalan si bapak.

Menurut logika, jalannya orang pincang yang pake tongkat bantu itu kan susah ya, lama gitu, soalnya mesti agak loncat karena kaki yg pincang itu kan sakit kalo dibuat jalan... namun ini aneh banget. Daripada disebut jalan, si bapak malah keliatan kaya orang 'lari'. Ya Allah, ini 'kan horror banget, ya.. ada gitu orang pincang bisa lari?

Pas gue mengutarakan kalimat tersebut kepada nyokap, nyokap gue membalas... 

"Dia lupa kalo dia lagi pincang."

Buseh, pincang bisa lupa... Untung ini film, ya, kalo beneran mah si bapak bakal masuk rekor muri kategori "pelari picang tercepat yang lupa kalo dia lagi pincang".

Terus, setelah film itu berakhir, ada film lainnya. Jadi kata nyokap gue, film model gituan di emensi emang suka tayang beruntun gitu, kadang bisa beruntun sampe tiga kali. Yaudah, gue mah iya iya aja.

Jadi film baru ini menceritakan tentang seorang cewek -cantik dan berkerudung- yang diusir sama bokapnya, terus dia jadi gelandangan yang pincang -karena satu tangan dan satu kakinya pernah disiram air panas sama bokapnya-. Dicerita ini, si cewek digambarkan sebagai orang yang sangat baik, dia pernah memberikan nasi bungkus yang dia dapat dari pemilik restoran kepada sepasang pengemis, yang mana pengemis itu pernah ngusir si cewek dari satu tempat lantaran si pengemis 'ngakunya' pemilik tempat tersebut.

Kemudian aksi baik si cewek ini diliat sama ibu ibu berkerudung yang jalannya pake tongkat biasa. Engga, dia cuma ngeliatin doang, engga ikutan lari kaya bapak bapak tadi. Dan, seperti yang sudah diduga, si ibu ibu ini terkagum kagum dengan aksi si cewek. Dan, seperti yang sudah diduga juga, ternyata si ibu ini adalah orang kaya yang punya anak cowok pengusaha dan ganteng. Dan lagi, ini endingnya udah ketebak banget; 'si cewek pasti nikah sama si ganteng'.

Meski udah tau endingnya, gue tetep nonton film tersebut. Gue melihat bagaimana si ibu ngajakin si cewe buat kerja dirumahnya, dan dirumahnya itu, si cewek sama si ganteng ketemuan > tatap tatapan > dan mode pengambilan gambar jadi ganti gantian gitu... ke cewek, terus ke cowok... ke cewek lagi.... dan ke cowok lagi... Gue yang gregetan ngeliat adengan itu langsung ngomong ke nyokap 

"Kalo kameranya udah ganti gantian kaya gini, pasti nanti dia nikah sama cowok itu." kata gue.
"Iya itu, udah keliatan." bales nyokap. "Mamah juga nanti mau jadi pengemis, ah, duduk di depan lampu merah sambil makan nasi bungkus, biar diliat sama ibu ibu yang anaknya pengusaha. Tapi nanti kamu sewain orang, dua orang, nanti mamah kasih nasi bungkus mamah ke mereka."

Gue ketawa.

Ternyata itu bisa jadi tips juga untuk menggaet pengusaha kaya. Ternyata film ini sangat bermanfaat, selain memiliki nilai moral dan pelajaran yang tinggi, bisa juga sebagai acuan untuk mendapatkan pengusaha kaya... atau lebih tepatnya tips untuk 'bagaimana caranya agar bisa dilirk sama ibu ibu yang anaknya pengusaha ganteng, dengan modal nasi bungkus dari pemilik restoran.'

Sekian posting gaje gue, gue mau nonton emensi dulu.

Ini cuma bercanda aja, ngga ada maksud SARA atau gimana.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments