Cabe Level 6 Dapet Kue dan Kado Karena Dia Ulang Tahun

By Ratna - October 27, 2014

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Males banget sebenernya mau nulis tentang seseorang yang ulang tahunnya tanggal 24 Oktober /kemudian digebukin orang-orang yang tanggal ulang tahunnya sama/. Oke, ralat. Maksud gue, gue males banget nulis tentang orang berhijab, pendek, suka sama Ojan (Fauzan Nasrul, artis Ftv) yang umurnya jadi 20 tahun pas tanggal 24 Oktober kemaren. Masih ada yang samaan juga? Oke, ralat lagi. Maksud gue, gue males banget nulis tentang Tuti yang tanggal 24 Oktober kemaren umurnya jadi kepala dua. Kalo masih ada kesamaan juga, itu bukan sesuatu yang disengaja. Serius.

Jadi akhir-akhir ini, gue dan
Yuka jadi suka pulang bareng. Alasannya tentu saja karena kita ini satu kampus, dan jam pulangnya biasanya bareng. Mungkin itu, atau karena doi lagi ngirit atau males pulang sendiri dengan gembolan baju kotor yang sudah seminggu belum dicuci-cuci.

Pada hari Jum'at tanggal 24 Oktober lalu rencananya gue dan Yuka mau ngajakin Tuti ketemuan di Fam*ly Mart deket Mercu. Soalnya 'kan dia lagi ulang tahun, jadi, yaaaa.... bisalah buat uhukbeliinuhukjajananuhukuhukuhuhoek. Tapi doi mengelak. Awalnya, gue kira dia mau kabur dan lepas dari tanggung jawab buat mentraktir kita-kita, tetapi gue salah. Dia malah ngajakin makan ditempat yang lebih mahal, yaitu sebuah cafe di daerah Bintaro (kayanya, gue lupa) tempat kita biasa nongkrong. Em, sebenernya bukan biasa juga, sih... Baru juga kesana sekali, dan sama ini jadi dua kali. Cuman gue pengin keliatan sok aja, gitu.. 'kan kalo nulisnya 'tempat biasa nongkrong' kesannya kaya anak gaul, meskipun kenyataannya gue lebih suka dirumah; baca komik, ngegambar gaje, atau engga mainan zuma di laptop.

Okesip.

Jadi akhirnya kita sepakat untuk pergi ke cafe tersebut pada hari sabtu.

Gue meminta Tuti untuk mengajak Dina dan Yumna juga. Kenapa gue minta Tuti yang ngajak? Karena dia yang ulang tahun! Padahal itu gue cuma sepik aja, sebenernya gue males ngajak karena gue males ngetik. Oke, jadi Yuka (pada hari Jum'at saat dia pulang bareng gue) bertanya 'kado apa yang harus kita kasih ke Widya'. Gue bingung, jadinya gue bilang 'yang dia suka aja', tetapi dia malah balik bertanya 'apa yang dia suka'. Lah, gue 'kan ngga tau ya... Akhirnya percakapan kita tentang kado ngga kelar-kelar sampe kiamat.

Pas hari Sabtunya kita (Kecuali Yuka, dan Dina, mungkin) bener-bener kaya orang males-malesan. Pas gue tanya "Nanti jadi?" ke Tuti, dia bales lamaaaaaaaaa banget "Jadi". Gue bilang ke dia kalo gue bisanya abis Isya, tapi dia maunya kita jalan jam 3an ke rumah Yuka buat ngobrol-ngobrol dulu sebelum jalan. Yaudah, jadinya gue bilang ke dia buat ngabarin aja kalo di rumah Yuka rame. Soalnya rumah gue sama Yuka deket banget, naek motor cuman tiga menitan (itu pun pelan, dan emang harus pelan karena rumah doi di daerah kampung jalan sempit) dan lagi gue ngga enak kalo cuma gue yang baru nyampe di sana, sendirian... Nanti gue malah ketiduran di kamarnya karena keenakan dingin.

Oke, jadi ternyata jam tiga itu si Yuka masih ngaji, dan karena itu kita ngga jadi buat ngobrol-ngobrol di rumah Yuka dan rencananya diganti jadi abis Maghrib. Yuka bilang kalau kita (gue dan dia) harus beli kado dulu sebelum ketemuan di Maharta. Gue mengangguk, karena gue kira beli kado bakal cepet. Ternyata kita jadi beli kue juga dan pas kita beli kadonya itu memakan waktu yang lumayan lama. Akhirnya gue bilang kalo mendingan kita ketemuannya di cafenya aja biar ngga keliatan kalo kita bawa kue dan kado (karena ngga ada tas gede yang bisa kita pake buat ngumpetin benda-benda tersebut). Oke dah tuh, Yuka bilang ke Dina, nyuruh mereka duluan ke cafenya sementara gue nyoba ngelewatin jalan tembus gue --yang gue kira bakal lebih cepet dari jalan biasa. Dan kita pun nyampe dengan selamat di urutan terakhir karena gue sempet salah jalan. Itu, dan juga karena gue bawa motornya lama banget.

Pas nyampe disitu, Dina ngakak bahagia banget ngeliat gue yang pake masker yang bentuknya kaya mulut gitu --yang gue beli sebelum kita beli kue. Lalu Widya, yang melihat Yuka menenteng sebuah kotak mencurigakan bertanya ''Itu apa?'' dan gue menjawab "Sok-sok ngga tau lu" sambil ketawa ngakak dan berjalan disamping Dina buat masuk ke cafe.

Cafenya sepi, cuman ada total enam orang kalo ditambah kita. Kita duduk di tempat biasa --bangku buat berempat, tepat diseberangnya dua orang yang lagi pacaran. Yuka keliatan rempong banget mau naruh kotak kue dan kadonya, jadi gue ambil benda tersebut dan menaruhnya di bawah meja disamping gue. Tuti masih sok-sok an ngga tau dan nanya "Itu apa?" lalu Yuka menjawab "Kue, Wid, sama Kado. Kadonya---", "Bego, masa dikasih tau ke orangnya, sih?" kata Dina sambil ketawa, lalu gue (dengan tidak kalah ngakak) menimpali "Harganya, Yuk, sekaliaann~". Dan Tuti hanya tertawa sambil bergumam "Ohh, kue". Padahal gue tau kalo doi sebenernya udah tau! Mana mungkin makhluk kaya dia /apaan/ ngga tau kalo kita bawa kue sehari setelah ulangtahunnya?!

Gue ngebahas tentang foto masterpiece editan gue yang gue bikin dengan ngestalk twitter Tuti dan juga Ojan dan berkutat dengan photoscape selama kurang lebih sepuluh menit. 

master piece

Yang bikin gue ngakak adalah doi percaya kalo itu adalah conversation antara dia dan abang Ojan. Bahkan dia sempet ngeLine gue banyak banget buat nanya apakah gue make akun dia buat ngetwit ke Ojan. Duh, gue jadi berasa PHP. Padahal gue udah sengaja ngedit dengan font serta jam yang berbeda. Di situ jam 20.00, sedangkan gue ngirim foto itu jam lima pagi wks. Mungkin dia terlalu seneng mentionnya dibales sama abang. Sabar ya :")

Setelah itu gue sama Yuka mendeklarasikan bahwa "kita berempat ngga ada yang boleh main HP". Sebenernya ini adalah perjanjian yang Yuka buat (ngomongnya pas hari Jum'atnya pas kita pulang bareng) supaya kita beneran ngobrol dan bukan malah asyik sendiri sama HP. Namun Dina dan Yuka protes dan ngeles kalo perjanjian itu 'kan cuma buat gue dan Yuka. Tapi dengan berbagai cara, gue dan Yuka bisa meyakinkan mereka.

Kita ngobrol sambil makanin kentang goreng sama ayam apaan tau dah yang kecil-kecil gitu, sama minum pesanan masing-masing. Sekarang gue udah ngga inget kita ngomongin apa, pokoknya itu obrolan seru banget sampe kita ngakak terhihik-hihik (?).

Sekitar jam sepuluhan, emaknya Yuka nelpon.... nyuruh dia balik, pastinya. Tuti sama Yuka nanya "kok lu belum ditelpon emak lu, Rat/Pus?" dan gue hanya memegang kerah dengan cool sambil bilang "iyalah, gue udah diijinin jadi anak malem sama emak." Padahal pas gue balik, ternyata emak gue ngga nyadar kalo gue pergi. SAKIT MAK, MASYA ALLAH. SAKIT BET YE.

Okesip. Gue galau.

Intinya; kita harus pulang. Jadilah kita memaksa Tuti buat minjem korek sama kasirnya karena kita ngga ada yang punya korek. Sebelumnya, dia cerita kalau temannya ada yang ngasih dia kue dengan lilin yang ngga bisa mati. Lalu gue bertanya 'lilinnya yang bergaris-garis kaya blaster itu, bukan?",  buat meyakinkan kalau lilin kita juga lilin yang ngga bisa mati. Lalu dia bilang, "iya, yang kaya gitu!". Terus gue ngangguk, dan Yuka udah ngeliatin gue dengan tatapan "Anjir wakakak". Seirus. Kalau lu liat sendiri, pasti yang ada di pikiran lu adalah ekspresi seperti itu.

Widya akhirnya minjem korek sama kasirnya, dan kuenya dinyalain sama mereka. Habis itu kita keluar bawa kue yang lilinnya masih nyala. Serius, kita udah kaya anak alay, gaje banget, bawa-bawa kue sambil teriak-teriak nyuruh Tuti niup lilin. Akhirnya Tuti niup lilinnya, dan bener aja, beberapa lilin ada yang nyala lagi. Anjir, kita langsung nyumpahin dia "mampus, masih nyala" , "mampus, tiup lai dah tuh" dll, dengan suara keras. Serius, udah kaya cabe, alay banget... Tapi gue juga ngelakuin hal tersebut. Gue juga ngga ngerti. Gue khilaf pada saat itu. Huft.

Setelah lilinnya mati, kita teriak-teriak "cabe cabe", "alay banget, jangan ditengah-tengah gini, dong" dll. Pokoknya kita saling ngatain kalau diri kita adalah cabe karena teriak-teriak gaje di tempat parkiran yang sudah sepi. Kita sangat tidak sadar diri. Kita tidak tahu bahwa dengan teriak-teriak seperti itu, kita telah termasuk dalam kategori 'alay' dan 'cabe'. Dina dan Yuka meminta untuk foto bareng Tuti. Mereka rempong nyari angle yang 'pas' gitu, sampe geser-geser deket jalan yang masih lumayan rame pada saat itu. Gue --yang ngga ikuran foto karena gue emang ngga suka foto-- malah menyoraki mereka dengan berkata "Alay banget foto deket jalan", namun mereka malah meminta gue bergabung dengan mereka. Ah, gue sudah sadar pada saat itu, jadinya gue ngga mau gabung.

Acara ini berakhir dengan kita pulang malem. Sebenernya kita sempet ngobrol masalah cabe, tapi gue lupa dialog dan apa yang kita omongin pada saat itu, jadi gue skip aja. Intinya, cabe-cabe level 6 yang kategorinya adalah cabe yang pedes banget itu pulang malem dari cafe. Sedangkan gue, yang cabenya masih level 0 malah ikuran pulang malem karena bergaul dengan mereka. Huft banget.

Dan setelah gue nyampe rumah, gue --sebagai cabe junior-- langsung update PM di BBM "cabe level 6 pulangnya malem" dan dikomen oleh cabe level 6, Dina, dan juga mantan rekan pekerja junior, Siska, dan raja bokep dikampus gue, Wisnu. Dasar cabe.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments