Bu Tet, Sang Guru Kimia yang Saya (sepertinya) Hormati

By Ratna - February 26, 2015

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Harusnya pada hari rabu kemarin gue berbahagia karena berhasil download album Mikagura dari tumblr orang. Ah, lagunya Sadamatsu kok nadanya mellow gitu, sih?! meski ngga ngerti artinya, gue jadi kebawa sedih meski belum tentu itu beneran lagu sedih. Mungkin lagunya si abang ganteng Sadamatsu ini merupakan sebuah kode kalo gue mestinya bersedih pada hari tersebut (catatan: gue masih ngga tau lagu itu beneran lagu sedih atau bukan) karena tepat pada saat gue selesai mendengarkan lagu tersebut gue melihat teman gue update personal message di BBM, bilang kalau Bu Tet sang guru kimia udah meninggal.

"Hah?" respon gue saat melihat update tersebut.

Lalu, gue yang
kaget membaca berita tersebut langsung ngechat doi yang update personal message itu --sebut saja namanya Bunga, eh, Reggy deng-- dengan menanyakan kepastian dari nama orang yang sepertinya mirip dengan orang yang gue--dan Reggy--kenal.

"Bu Tetty?!" kata gue, mengomentari personal messagenya.
"Iya Rat," bales dia.

Lalu gue menanyakan kenapa dan kapan doi meninggal, yang dijawab oleh Reggy bahwa Bu Tet ini terkena Leukimia. Gue memastikan kebenaran berita tersebut dengan menanyakan "itu kata siapa Reg?". Ya, gue takut aja kalau itu cuma Hoax, eh, engga takut sih, justru berharapnya kalau itu beneran Hoax. Masalahnya, meski doi ini suka nyiksa orang waktu di kelas, tapi 'kan dia (katanya) baik kalau di rumah. Jadi ya, gitu... Sedih juga kalau Bu Tet beneran udah ngga ada. Tapi Reggy menjawab kalau itu beneran karena dia tadi sore jenguk, dan beberapa saat setelahnya, Juned ngebroadcast rencana buat ngelayat Bu Tet, yang mana hari ini saat gue mau kuliah. Gue jadi yakin kalau itu beneran.

Bisa gitu, ya. Padahal Bu Tet orangnya seterong (baca: strong) banget. Pas gue SMA, semua orang takut sama doi. Ya, lo bayangin aje pas Bu Tet jalan itu berasa ada aura hitam di sekitar dia yang membuat orang yang berada dalam radius tertentu menjauh dan gamau salim (oke, yang ini lebay karena masih parahan Pak Rud tapi tetep aja sih). Dan kalau udah di kelas, matanya langsung scanning buat nyari mangsa --dan kalau ada yang (sedang tidak beruntung) bertemu tatap dengan beliau, maka orang itu akan disuruh MAJU buat ngerjain SOAL KIMIA di DEPAN PAPAN TULIS, dan bakal DIOMELIN dan DIHINA-HINA kalau NGGA NGERTI

Huft banget *tepok dada*.

Gue juga inget banget kalau Bu Tet ini SELALU NGASIH PR. Ya Allah, salah apa kita sama engkau wahai guru kimia? Mending kalau PRnya gampang, ya. Ini mah, aduh..

Kalau dipikir-pikir, kenapa penyakitnya bisa ngga takut sama Bu Tet, ya? Padahal harusnya ngga ada yang berani deketin doi karena aura hitam miliknya itu udah bertindak layaknya perisai gitu. Orang kalau gue ketemu Bu Tet aje rasanya udah pengen kabur, takut di suruh ngerjain soal kimia.

Gue jadi ingat waktu Bu Tet nebeng motor gue buat di anterin sampe pojok. Ah, sungguh menit-menit yang mencekam mendebarkan dalam hidup gue. Di dalem hati udah deg-degan aja takut disuruh ngerjain soal kimia (ini serius!).

Intinya, meski Bu Tet adalah orang yang nyeremin, tapi gue berterimakasih sama doi karena udah ngajarin gue kimia, sampe gue lulus SMA. Gue ngga ngerti lagi gimana kalau seandainya dia ngga ngasih clue pas gue UAS Kimia, mungkin nilai gue ngga bakal gede dan gue bisa ngga lulus cuman gara-gara kimia doang. 

Selamat jalan Bu Tet (yang sepertinya) saya hormati. Semoga amal dan ibadahnya diterima di sisiNya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments