Bicara Tentang Modus Telpon "Anak Ibu Jatuh dari Tangga dan Masuk Rumah Sakit. Butuh Penanganan Pertama, Jadi Tolong Transfer Biaya Oprasi" di Telpon.

By Ratna - July 15, 2015

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ngga kerasa udah bulan Juli. Ngga kerasa bentar lagi Mikagura Blue-Ray DVD bakal dijual. Ngga kerasa besok (atau hari ini?) hari kamis dan gue bisa mendengar Mikagura radio.

Eh. Bukan. Gue bukan mau bahas tentang Mikagura meski pun gue lagi menanti-nanti character song nya si ganteng dan fanart SadaHimi :"D

Jadi gini.

Sebenernya ini kejadian udah lama, tapi ngga tau kenapa gue keinget dan pengin nulisin
kejadian tersebut di sini. Ehm. Jadi kan beberapa waktu yang lalu gue (dengan ajaibnya) mendapatkan libur 3 hari berturut-turut--gue lupa kenapa, tapi kayanya, sih, waktu itu dosen ngadain rapat buat program kampus gitu, ngga ngerti--jadinya gue berdiam diri di rumah dan menjalankan aktivitas seperti hari-hari biasa (baca: makan, tidur, baca komik, nonton anime). Dan pada suatu siang, gue, secara ajaib bangun pagi biasanya gue bangun abis subuh, tapi kan gue tidur lagi sampe dibangunin sebelum Dzuhur. Emak gue sampe heran dan bilang "kayanya bakal ujan" ke gue, yang mana gue bales dengan ketawa garing karna gue sendiri juga heran kenapa gue bisa bangun sepagi itu! (baca: jam 9).

Abis bangun gue langsung tiduran di kursi besi deket meja telpon. Gue emang biasa ngulet lagi di kursi tersebut kalo abis bangun tidur, makanya di kursi itu ditaro bantal. Ya, engga spesial buat gue doang, sih, soalnya nyokap juga suka tiduran di situ kalo nonton TV. Trus, baru juga tangan gue ngebenerin posisi bantal, tiba-tiba telpon di deket meja bunyi.

Gue dengan durhaka nya pura-pura ngga denger suara telpon.

Telpon udah bunyi tiga kali, dan gue masih ngulet.

Akhirnya nyokap datang dan mengangkat telpon.

Gue merasa durhaka.

Berikut adalah ucapan nyokap yang gue dengar saat beliau menelpon:

"Halo?"
"Iya, benar."
"Oh. Di mana, ya?"
"Oh gitu.."
"Iya."
"Mau bicara sama anaknya langsung?"

Lalu nyokap tertawa dan menutup telponnya. Gue yang bingung pun bertanya alasan dari suara tawa itu.

"Kenapa, ma?"

Nyokap masih ketawa, dan doi ngakak.

"Masa tadi ada yang telpon kecelakaan."
"Iya."
"Terus?"
"Dia nanya, 'apa benar ini keluarga [nama gue]?' mama jawab aja iya. Terus dia bilang kamu jatoh dari tangga sekolah, masuk rumah sakit."
"Lah, bedon, orang aku nya ada di sini."
"Iya, makanya mama suruh ngomong sama kamunya aja langsung" nyokap ketawa. "Abis itu ditutup".
Gue terkekeh. "Ngga pro bohongnya"
"Tadinya mau mama ladenin, tapi mama bentar lagi maen (badminton), takutnya lama"

Setelah itu nyokap langsung ke kamar nerusin dandan, dan gue tetep ngulet di kursi. Saat ngulet itu gue jadi berpikir, kenapa orang yang nipu itu bisa tau nama gue dan juga telpon rumah gue? Meski pun baru pertama kalinya ada orang yang ngibulnya gagal banget karena target yang dia bilang mengalami 'kecelakaan' itu (baca: gue) ternyata ada dirumah, ngulet, abis bangun tidur. Mungkin dia tidak memperkirakan bahwa dia akan mengalami kesalahan seperti itu karena waktu itu adalah hari kerja, jadi dia pikir kalo gue lagi kuliah, padahal engga. Lalu, mungkin dia kurang menyelidiki tentang gue yang sebenernya udah ngga sekolah lagi, tapi kuliah (songong). Dan di gedung tempat gue kuliah itu tangganya cuma satu, dan kalo pun gue jatoh juga jatohnya pendek--sepertinya ngga bakal ngebuat gue harus dilarikan ke rumah sakit juga. Tapi amit-amit, deh, jangan sampe kejadian.

Gue jadi mikir, gimana kalo yang waktu itu ngangkat telponnya bukan nyokap tapi gue? Seru kali, ya, kalo gue ngobrol sama orang yang bilang kalo 'gue' lagi kecelakaan. Mungkin dialog kita bakal kaya gini:

"Apa benar ini keluarga [nama gue]?"
"Iya, benar. Ada apa, ya?"
"Anak ibu terjatuh dari tangga dan masuk rumah sakit. Kami butuh biaya untuk penanganan pertama sebesar [nominal yang gede, biasa tukang tepu mah]. Harap di trasnfer secepatnya."
"Oh.. Tapi ini saya sendiri, tuh, Pak. Baru bangun tidur, nih."
"..." *tutup telponnya*

Abis itu doi malu dan getok-getok pala pake hape.

Meski pun doi ngga ngobrol sama gue, tapi gue juga yakin kalo abis nelpon nyokap, si penipu itu langsung dicengin sama temen-temen gerombolannya. Gue ngga ngerti gimana, tapi kalo gue yang jadi temen si penelpon itu, sih, bakal gue cengin "HAHAHA MAMPUS, MALU GEELLA" selama tiga hari berturut turut. Eh, tapi mungkin mereka sedih juga karna ngga berhasil nipu keluarga gue. Yah, bukan urusan gue juga, sih. Yang penting keluarga gue ngga kena tepu. Alamdulillah.

Mungkin banyak orang yang dapet telpon laknat macem gini. Gue ngerti kalo ada salah satu anggota keluarga yang kena musibah, pasti anggota keluarga yang lain bakal panik dan mereka manfaatin kepanikan itu! Tapi ya ngga fail kaya gini juga, sih, kesannya antiklimaks banget, jadi ngga keren aja gitu ckck.

Jujur, keluarga gue udah dapet tiga kali telpon macem gini dan alhamdulillah ngga kena tepu.

Gue berharap trik macem gini ngga bakal nipu keluarga gue --dan semua keluarga di dunia /halah/.

Jadi, tulisan ini bukanlah tulisan yang bermanfaat seperti biasa.

Sekian.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments