Besyukur

By Ratna - February 05, 2013

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Setelah gue mengetahui IP gue, entah kenapa akhir akhir ini gue menjadi sangat sensi kalau ditanyain soal IP. Sensi maksudnya bukan berarti gue ngamuk ngamuk naik naga terbang sambil membantai kota Tangerang, tapi gue kaya 'agak gimana gitu' kalau mengingat nilai IP gue yang sangat kecil tersebut.

Mungkin gue minder.

Mungkin.

Nilai IP gue sebenarnya ngga kecil kecil banget, namun gue agak gimana gitu ngeliat beberapa teman gue bisa mendapatkan nilai dengan IP 3 koma, sedangkan IP gue cuma 2 koma. Gue merasa bahwa gue seperti akan tertindas di dunia perkuliahan lantaran otak gue yang terlalu cupu dan tidak bisa bersaing dengan orang orang pintar disini.

Kemarin, pada saat gue membuka SIAKAD kampus, dan melihat nilai teman teman gue, gue sangat terkejut melihat IP mereka yang lebih besar dari IP gue. Dan malah pada saat gue melihat IP teman gue --sebut saja namanya kancut--, gue sampai bilang 'wow' saking terkejutnya... tadinya gue pengen salto dari monas sekalian, tapi gue males naik busway kesana, lagian jauh juga ke monas, gue ngga punya duit-_-

Oke, lanjut.

Jadi IP dia itu gede banget, sampe rasanya gue pengin banting laptop pas ngeliat IP dia yang 3 koma. Tadinya pengin gue banting beneran ni laptop, tapi sayang ini laptop bokap, gue belum bisa ganti kalau terjadi apa apa sama laptop ini, ck.

Si Kancut memang pinter, gue sebenarnya sudah menduga kalau dia bakal dapat IP bagus... tapi 3 koma? WOW itu keren, banget bagi gue. Gue sempet down karena hal ini, belum lagi saat gue melihat grup di FB... ada yang pamer pamer gitu IP gede. MASYA ALLAH COBAAN MACAM APA INI?!

/brb salto di atas monas/

Gue down, terlebih karena ini IP pertama dan gue harus dapat nilai yang mengharuskan gue menanggalkan satu mata kuliah karena IP gue tidak mencukupi. Uh... gue hanya takut kalau gue akan menjadi mahasiswa abadi dan hidup membusuk dikampus yang siakadnya membutuhkan waktu berabad abad untuk bisa kebuka. No, itu merupakan mimpi yang sangat buruk... Sangat buruk... melebihi kenyataan pahit yang gue terima karena mengetahui kalau Fei akan menghianati Raimon.

Dan kemarin, gue pergi ke kampus untuk mengisi KRS karena siakadnya ngga bisa kebuka. Gue memang udah janjian sama teman teman gue untuk ke kampus dan mengisi KRS.

Pas gue sampe disana, gue ketemu salah satu teman gue, dan kemudian kitapun ngobrol di 'beach' [ket: beach itu bukan pantai, tapi koridor di depan R.118 gedung O. Gue juga ngga tau kenapa disebut beach, mungkin karena sering kena banjir kali, ya, tau dah-_-]. 

Teman gue itu --sebut saja Sempak-- bercerita dan agak menggalau juga lantaran di KHSnya dia ada nilai kosong, udah gitu nama dosennya salah. Hati gue langsung terhenyuh. 'ternyata ada yang lebih parah dari gue', batin gue saat itu.

"Terus nilai lu gimana?" Tanya gue.
"Ngga tau," Jawab Sempak sambil menggalau.

Kemudian gue mengajak Sempak untuk melihat ruang dosen, kali aja bisa konsul sama dosen dan merubah nilai dia yang tadinya ngga ada itu. Namun apadaya, di ruang dosen, dosennya ngga ada satupun. Iya, ruang dosen kosong banget, persis kantin Kampus abis Isya.... sepi.

"Lu salah masukin kode kali pas ngisi KRS dulu." Kata gue sambil duduk dan bersender pada tembok beach, lalu tanpa disadari, Kancut telah datang dan duduk berjongkok di depan gue dan Sempak.
"Ngga tau..." Jawab Sempak lesu.
"Coba lu minta nomor dosennya sama Arry, tuh." Kata gue sambil menunjuk Arry yang kebetulan lagi duduk disebelah Sempak. Dan dengan cepat, Sempak meminta nomor.

Untung gue ngga perlu ribet kaya Sempak.

Untung nilai gue ke-isi semua.

*** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** *** ***

"Eh, si Pantat (nama samaran) ada yang nilainya 'E' tau, Diction dapet 'E'." Kata Sempak membuka topik obrolan.
"Serius lu?" Kata gue agak kaget.
"Iya, dia ada 'D' nya juga. Itu Estetika kalau ngga salah."
"Lah? Padahal gue nyontek sama dia Estetika, kok gue dapet 'B', dia 'D'?" Gue shock.

Pantat sempat membantu gue dalam ujian estetika, meski gue nyontek 3 nomor, namun itu tetap saja bantuan. Dan lagi, pada saat ujian estetika, si pantat ngeliat buku, kok bisa dapet 'D' ya?

Gue shock.

Untung nilai gue 'B'.

"Lu pas diction ngasih nilai berapa ke dia?" Tanya sempak. [ket: Pelajaran Diction (a.k.a Diction in Discourse adalah pelajaran yang --di gue, sih-- mengharuskan kita untuk membacakan suatu text tanpa melihat ke text tersebut, jadi intinya mesti dihafalin. Dan setiap murid di kelas harus memberikan point kepada mereka yang sedang membacakan text tersebut di depan kelas, range point nya dari 1-6]
"Gue ngasih nilai ke orang paling kecil '3', sih. Gue ngga tega ngasih 2."
"Gue juga. Kasian tau, padahal Pantat ngasih nilai ke kita '5-6', jadi ngga enak."
"Iya... kok bisa , ya?"

Padahal Pantat bukanlah anak yang bodoh, dia pintar, se-enggaknya dia bisa masuk Universitas ini aja udah membuktikan kalau dia pintar. Ingatkah kalian bahwa banyak orang yang ingin masuk universitas ini dan tidak berhasil? Namun Pantat berhasil, itu berarti dia punya 'kepintaran'.

Namun pengecualian bagi gue yang masuk sini karena 'Hoki'.

"Gue.... jadi merasa ngga enak sama Pantat." Kata gue.

Gue merasa ngga enak sama Pantat.

Pantat aja terlihat tegar dalam menghadapi nilainya, sementara gue yang IPnya segini udah merasa menyerah dan putus asa.

Gue harusnya bersyukur.

Bersyukur karena masih ada Pantat, dan mungkin beberapa orang yang tidak seberuntung gue. Seperti Sempak yang nilainya kosong dan harus ribet ribet buat nemuin dosen, dan seperti Pantat yang seperti itu. Alhamdulillah Allah masih ngasih gue nilai segitu. Alhamdulillah hanya satu mata kuliah yang harus ditanggalkan.

Alhamdulillah.

Dan baru saja teman gue SMS menanyakan IP gue.

"IP berapa?"
"Kecil, 2 koma --sensor--"
"Ada yang ngulang?"
"Alhamdulillah ngga ada~"
"Iya, bagus itu. Alhamdulillah, itu yang harus disyukuri.
"Iya, Alhamdulillah."

Iya, Alhamdulillah.

Gue ngga tau kenapa teman gue itu tiba tiba mengucap Alhamdulillah, mungkin dia sudah tobat. Oke, itu bukan urusan gue, namun dia benar, sangat benar... gue harusnya mengucap Alhamdulillah, bukan mengutuk diri gue sendiri, bukan menggalau kaya orang ngga dapet duit jajan sebulan.

Gue harusnya bersukur.

Sebenarnya IP gue yang kecil ini adalah hasi dari gue yang ngge pernah belajar... uh.. lain ceritanya kalau ngebet ngebet catetan itu dihitung belajar. Ini salah gue, dan mungkin gue harus serius mulai sekarang. Gue lagi semangat banget sekarang, semoga gue beneran belajar dan mencapai IP 3 disemester dua ini.

Gue ngga mau mengalau tentang IP, meskipun gue tetap merasa minder kalau ditanya IP. Karena... IP gue beneran kecil. Gue sangaaaaaaaatttttt malu, dan juga bersyukur karena IP gue tidak dibawah 2.

S.T.A.P.H.!

Jangan. Tanya. Berapa. IP. Gue.

Wasalam.

P.S; Gue ngga bisa bikin nama samaran yang bagus, jadinya gue ambil nama yang ngga mungkin ada yang punya. Kasian 'kan kalau nama orang yang gue ambil terus orang itu baca dan dia tersindir. Meskipun terlihat seperti nama yang kurang manusiawi, namun yasudahlah, cause everthing gonna be O.K~ /brb nyanyi bareng Bondan/

  • Share:

You Might Also Like

0 comments